Selamat Datang

Wednesday, September 17, 2014

Pada Desember tahun 2006, Dhanraj Wadile, seorang pria berumur 45 tahun yang merupakan seorang pemilik toko di Shahadah, India, menderita sakit di bagian perutnya selama enam bulan. Dokter Ashish Rawandale-Patil mendiagnosis bahwa Wadile menderita penyakit batu ginjal. Dengan menggunakan teknik endoskopi dan sebuah pisau bedah, dokter Patil menghabiskan waktu selama 4 jam untuk mengambil 172.155 kalsium oksalat dan batu fosfat yang ukurannya berkisar dari 1 milimeter sampai 2,5 sentimeter. Semua batu itu berasal dari ginjal kiri Wadile.

Dokter Patile dan kelompoknya membutuhkan waktu sampai 1 bulan untuk menghitung seluruh batu tersebut, kemudian ia mengirimkan semuanya ke Guinness untuk diverifikasi. Pastinya, Guinness menganugerahi Wadile sebagai pasien dengan batu ginjal terbanyak, mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 14.098 batu dari satu pasien.

Batu ginjal (http://listverse.com/2014/05/29/ten-records-nobody-would-want-to-break/)

Rekor keberuntungan untuk pemilik batu ginjal terbesar juga berasal dari India, seorang polisi berusia 37 tahun bernama Vilas Ghuge. Pada Februari 2004, Ghuge dioperasi untuk pengambilan batu ginjal yang berukuran 13 sentimeter. Umumnya, ukuran batu ginjal tidak melebihi 9 sentimeter. Ada juga pesaing lain, pada tahun 2009, Sandor Sukandi yang berkebangsaan Hungaria dioperasi untuk pengangkatan batu ginjal seberat 1,13 kilogram, ukurannya kira-kira sebesar kelapa.

Pin It


0 comments:

Post a Comment