Selamat Datang

Friday, September 12, 2014


Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang tidak hanya membawa pengaruh buruk bagimu, tetapi juga bagi orang-orang terdekatmu serta lingkungan sekitar. Berikut beberapa kiat bagi kamu yang ingin berhenti merokok.

1. Memberi selamat kepada diri sendiri

Jika kamu sedang membaca artikel ini, selamat untuk niatmu berhenti merokok.

2. Berhenti secara perlahan

Berhenti merokok bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam hitungan hari, apalagi jika kamu adalah perokok berat. Cobalah kurangi rokokmu perlahan-lahan. Jika kamu biasanya merokok 12 batang sehari, maka coba kurangi menjadi 11 batang selama 2 hari, kemudian menjadi 10 batang untuk 2 hari berikutnya. Hal ini kamu lakukan agar tubuhmu dapat beradaptasi dan kamu tidak mengalami gejala putus zat.

3. Buatlah dirimu selalu sibuk

Kamu harus mencari kesibukan yang membuat tubuhmu aktif bergerak, sehingga kamu tidak mempunyai waktu bersantai untuk merokok.

4. Carilah dukungan

Dekatilah temanmu yang tidak merokok dan ceritakan pada mereka bahwa kamu ingin berhenti merokok, sehingga saat mereka melihatmu kembali merokok, mereka akan menegurmu.

5. Buang rokokmu

Jika kamu sudah bisa mengurangi jatah rokokmu hingga menjadi sebatang perhati, maka sudah saatnya kamu untuk membuang rokokmu dan segala hal yang berhubungan dengan rokok, seperti asbak maupun lighter.

Ilustrasi (dokumentasi penulis)

6. Minum banyak air putih dan jauhi kafein

Minumlah air putih lebih banyak untuk membuang sisa-sisa nikotin yang masih mengendap dalam tubuhmu, serta usahakan untuk menghindari kafein agar kamu tidak gelisah.

7. Ingat! Berhenti merokok sangat sulit

Jika kamu gagal berhenti merokok pada kali pertama, jangan putus asa. Tetaplah berusaha untuk berhenti merokok karena merokok akan membahayakan kesehatanmu serta keuanganmu nantinya.

Pin It


0 comments:

Post a Comment