Selamat Datang

Friday, September 19, 2014

Tidak ada perdebatan mengenai warna langit. Kita semua pasti akan mengatakan itu berwarna biru (pastinya setelah kita mengenal warna-warna). Tapi bagaimana jika kita mempersepsikan warna biru berbeda dengan orang-orang di sekitar kita?

Setiap jenis warna mempunyai definisi yang objektif, bergantung kepada panjang cahaya, dan kita mempunyai sel yang sensitif terhadap warna di dalam bola mata yang kemudian diteruskan ke otak. Namun, berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Washington terhadap monyet, otak ternyata tidak mempunyai standar baku untuk setiap warna. Dengan memanipulasi gen, sangat mungkin untuk membuat otak berpikir warna biru tersebut menjadi merah. Lagi pula, setiap orang umumnya mempunyai persepsi warna seperti pada gambar di bawah.

Persepsi warna (http://listverse.com/2014/09/18/10-weird-yet-plausible-theories-on-things-you-never-questioned/)


Hingga saat ini, tidak ditemukan cara yang dapat menentukan warna apa yang dilihat seseorang saat memperhatikan suatu benda dan juga kita masih belum mempunyai referensi untuk mendeskripsikan warna lain jika kita belum pernah melihatnya.

Pin It


0 comments:

Post a Comment