Selamat Datang

Saturday, October 18, 2014

Menjadi seorang mahasiswa kedokteran pasti mempunyai kebanggaan tersendiri, namun tidak dapat dipungkiri banyak duka yang dialami selama menjalani masa pre-klinik maupun klinik. Inilah  suka-duka menjadi mahasiswa kedokteran.

Suka:

1. Sering ketemu mahasiswi cantik

Rumor yang beredar di masyarakat luas, kebanyakan mahasiswi itu “katanya” mukanya agresif (cantiknya kebangetan). Tapi menurut saya pribadi, memang cantik sih. Hahaha.

2. Cowo kedokteran itu idaman mertua

Yah, kalau ini sih saya ngga bisa bilang apa-apa, soalnya itu memang faktanya.

3. Cowo kedokteran itu kalem abis

Padahal jaim.

4. Kampus kedokteran sebagian besar sudah bebas asap rokok

Sehingga mahasiswa/i dapat menghirup udara segar bila duduk di kantin maupun di ruang kuliah, kecuali kalau nongkrong di tempat parkir ya hirup asap motor.

5. Sakit sedikit obat aman

Untuk junior kalau merasa kurang sehat bisa konsultasi gratis dengan senior.

6. Dipandang sebagai profesi mulia di mata masyarakat

Kamu akan dihormati oleh masyarakat sekitarmu

Orang-orang di sekitarmu akan lebih menghormatimu, apalagi jika kamu bersikap baik kepada mereka. Kemungkinan untuk minta dijodohkan dengan anak tetangga atau kenalan orang tuamu pun akan meningkat.


Duka:

1. Makan sering di jama’

Biasanya sarapan udah di atas pukul 12 (sekalian dengan makan siang) karena tidak sempat serta isi dompet yang tidak mendukung.

2. Mahasiswa kedokteran sebenarnya bukan tipikal penghapal

Menghapal memang perlu seperti bagian tubuh (anatomi) serta obat-obatan, tetapi mahasiswa kedokteran juga harus bisa menganalisis kasus seorang pasien supaya pengobatannya berhasil dan tidak ada efek buruk setelahnya.

3. Masuk susah, tapi keluar lebih susah

Jangan pikir macam-macam dulu. Maksudnya untuk lulus masuk ke fakultas kedokteran itu memang sulit karena Passing Gradenya kebanyakan lebih tinggi dibandingkan dengan fakultas lain, tetapi untuk keluar (lulus) secara sah dan menjadi seorang dokter lebih sulit lagi karena harus menghadapi UKDI dan OSCE nasional yang bikin pusing tujuh keliling.

4. Sering banget di-PHP-in sama dosennya

Jadwal kuliah pukul 8, bangun pagi-pagi belum sarapan macet lagi, tiba-tiba dapat sms dari dosennya pukul 9 katanya kuliah ditunda ke pukul 12 (padahal pukul 12 itu untuk isoma –istirahat, sholat, makan).

5. Waktu untuk pasangan akan berkurang

Pasangan akan mulai mengeluh karena waktu untuknya mulai terbagi dengan tugas, tidur, dan kegiatan lain (mis. kegiatan organisasi). Kecuali kalau pasangannya mahasiswa/i kedokteran juga. Tapi yang ini tidak berlaku bagi jomblo. XD


Nah, apakah kalian mempunyai tambahan suka maupun duka? Silakan tinggalkan di komentar J

Pin It


0 comments:

Post a Comment